KURIKULUM

1.      Kurikulum Kelas 1-2

a.       Sistem pembelajaran kelas 1-2

  1. Menggunakan Kurikulum K13 dan Kurikulum Diniyah
  2. PR bisa diberikan setiap saat
  3. PR bersifat pembiasaan dan pembangunan karakter
  4. Dalam 1 minggu murid menyelesaikan materi 1 sub tema
  5.  Pendampingan calistung intensif
  6. Tahsin dan tahfidz al-Qur’an.
  7.  Hafalan  hadits Arba’in Nawawy
  8. Tambahan materi diniyah pada kelas  1-2 meliputi; BT Al-Qur’an,  Hadits Arba’in, Akhlaq dan Abad, Fiqih Ibadah, B. Arab dan  Mahfudhot.
  9. Penambahan materi keahlian meliputi; membatik dan kepramukaan

b.      Administrasi

a.       Buku

1)    Buku paket pelajaran K 13

2)    Buku paket pelajaran diniyah

3)   Setiap buku paket atau buku tulis diberi sampul, nama pemilik dan kelas

4)   Buku paket disimpan di rumah dan dibawa ke sekolah sesuai jadwal pelajaran (sesuai kebijakan guru masing-masing)

5)   Buku pegangan mengaji Iqra’ dan Al-Qur’an

6)    Buku Monitoring mengaji dari sekolah

7)   Setiap siswa wajib memiliki buku tulis harian, buku tulis tugas, buku halus, buku kotak dan buku gambar yang disimpan di kelas

b.      Penilain

1)      Penilain Harian (PH)

Penilaian Harian dilakukan pada akhir sub tema. Materi PH terdiri dari semua muatan (Mapel) yang diberikan pada minggu tersebut.

2)      Penilaian Tengah Semester (PTS),

Penilaian Tengah Semester (PTS) diberikan oleh guru di pertengahan semester yang sedang berjalan.

3)      Penilain Akhir Semester (PAS)

Penilain Akhir Semester (PAS) dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester 1 untuk mengukur ketercapain kompetisi murid setelah belajar satu semester

4)      Penilainan Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan oleh satuan pendidikan sebagai salah satu instrumen penentuan kenaikan kelas

5)      Penilain materi diniyah dilakukan bersamaan dengan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester  (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT)

6)      Pada penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilakukan ujian prakter kemampuan dan penerapan dari materi yang sudah diajarkan sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar (tertulis, praktek, lisan).

c.       Pelaporan Nilai

1)      Pelaporan perkembangan belajar murid, akan ditentukan secara periodik, yang meliputi laporan tengah semester dan laporan akhir semester dan akhir semester

2)      Buku laporan pendidikan sebagai salah satu bentuk pelaporan perkembangan murid diberikan setiap akhir semester

d.      Kriteria Kenaikan Kelas

1)      Memiliki nilai untuk semua mata pelajaran di semester I dan II.

2)      Nilai kurang tidak melebihi dari 3 (tiga) mata pelajaran (diperoleh dengan cara membandingkan nilai angka raport dan KKM mata pelajaran)

3)      Nilai pendidikan Agama Islam dan materi diniyah di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

4)      Nilai ujian prakter di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

5)      Mempunyai nilai rata-rata baik (B) pada pembiasan dan sikap (dilihat dan dihitung dari lembar pengembangan diri pada BLP)

2.      Kurikulum Kelas III –IV

a.       Sistem pembelajaran kelas 3-4

1)      Menggunakan Kurikulum K13 dan Kurikulum Diniyah

2)      Dalam 1 minggu murid menyelesaikan materi 1 sub tema

3)      Tahsin, tahfidz al-Qur’an.dan terjemahnya

4)      Hafalan  hadits Arba’in Nawawy

5)      Penambahan Materi diniyah meliputi; Ilmu Al-Qur’an,  Hadis, Fiqih Ibadah , Taukid, Akhlaq dan Adab, Bahasa Arab, Nahwu , Shorof ,dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

6)      Penambahan materi keahlian meliputi; Bahasa Arab, Basaha Inggris, Membatik, Kepramukaan dan TIK

b.      Administrasi

a)        Buku

1)      Buku paket pelajaran K 13

2)      Buku paket pelajaran diniyah

3)      Setiap buku paket atau buku tulis diberi sampul, nama pemilik dan kelas

4)      Buku paket disimpan di rumah dan dibawa ke sekolah sesuai jadwal pelajaran (sesuai kebijakan guru masing-masing)

5)       Kitab Al-Qur’an dan Terjemahnya

6)      Kitab Hadits Arba’in Nawawy

7)       Buku Monitoring mengaji dari sekolah

8)      Setiap siswa wajib memiliki buku tulis harian, buku tulis tugas, buku halus, dan buku gambar yang disimpan di kelas

b)      PR dan Tugas

1)   PR dan tugas bisa diberikan setiap saat

2)   PR dan tugas bersifat pendampinngan kemampuan dan pendalaman materi

3)   PR dan tugas diberikan melalui buku paket atau media yang lain

4)   PR dan tugas harus diketahui dan ditanda tangani wali murid/ Orang tua siswa

5)    PR dan tugas dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

6)   Bagi murid yang berhalangan hadir karena suatu hal (sakit/ Izin) wajib mengerjakan tugas/ PR susulan.

7)   Setiap PR dan tugas dinilai oleh guru mata pelajaran dan dimasukkan dalam daftar nilai sebagai nilai PR dan Tugas.

c)      Penilain Harian (PH)

                                                                1)      PH digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan setiap kompetensi dasar.

                                                                2)      PH diberikan setelah selesai satu atau dua lebih kompetensi dasar tuntas diberikan kepada murid.

                                                                3)      Bentuk PH disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dasar

d)        Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian Tengah Semester (PTS) diberikan oleh guru di pertengahan semester yang sedang berjalan.

e)      Penilain Akhir Semester (PAS)

Penilain Akhir Semester (PAS) dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester 1 untuk mengukur ketercapain kompetisi murid setelah belajar satu semester

f)       Penilainan Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan oleh satuan pendidikan sebagai salah satu instrumen penentuan kenaikan kelas

g)      Penilain materi diniyah dilakukan bersamaan dengan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester  (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT)

h)      Pada penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilakukan ujian prakter kemampuan dan penerapan dari materi yang sudah diajarkan sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar (tertulis, praktek, lisan)

c.       Pelaporan Nilai

1)      Pelaporan perkembangan belajar murid, akan ditentukan secara periodik, yang meliputi laporan tengah semester dan laporan akhir semester dan akhir semester

2)      Buku laporan pendidikan sebagai salah satu bentuk pelaporan perkembangan murid diberikan setiap akhir semester

d.      Kriteria Kenaikan Kelas

1)      Memiliki nilai untuk semua mata pelajaran di semester I dan II.

2)      Nilai kurang tidak melebihi dari 3 (tiga) mata pelajaran (diperoleh dengan cara membandingkan nilai angka raport dan KKM mata pelajaran)

3)      Nilai pendidikan Agama Islam dan materi diniyah di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

4)      Nilai ujian prakter di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

3.      Kurikulum Kelas V

a.    Sistem pembelajaran kelas V

1)      Menggunakan Kurikulum K13 dan Kurikulum Diniyah

2)      Dalam 1 minggu murid menyelesaikan materi 1 sub tema

3)      Tahsin, tahfidz al-Qur’an.dan terjemahnya

4)      Hafalan  hadits Arba’in Nawawy

5)      Penambahan Materi diniyah meliputi; Ilmu Al-Qur’an,  Hadis, Fiqih Ibadah , Tauhid, Akhlaq dan Adab, Bahasa Arab, Nahwu , Shorof ,dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

6)      Penambahan materi keahlian meliputi; Bahasa Arab, Basaha Inggris, Membatik, Kepramukaan dan TIK

7)      Bagi murid yang belum tuntas dalam belajar diberikan pelajaran tambahan pengayaan diluar jam pelajaran. Jadwal pelaksanaan dibicarakan dengan guru kelas.

8)      Setiap tugas, proyek dan PR dinilai oleh guru mata pelajaran dan dimasukkan ke dalam daftar nilai sebagai nilai PR dan Tugas.

b.      Administrasi

a)      Buku

1)      Buku paket pelajaran K 13

2)      Kitab kuning paket pelajaran diniyah

3)      Setiap buku paket atau buku tulis diberi sampul, nama pemilik dan kelas

4)      Buku paket disimpan di rumah dan dibawa ke sekolah sesuai jadwal pelajaran (sesuai kebijakan guru masing-masing)

5)       Kitab Al-Qur’an dan Terjemahnya

6)       Kitab Hadits Arba’in Nawawy

7)       Buku Monitoring mengaji dari sekolah

8)      Setiap siswa wajib memiliki buku tulis harian, buku tulis tugas, buku halus, dan buku gambar yang disimpan di kelas

b)      PR dan Tugas

1)      PR dan Tugas

2)      PR dan tugas bisa diberikan setiap saat

3)      PR dan tugas bersifat pendampinngan kemampuan dan pendalaman materi

4)      PR dan tugas diberikan melalui buku paket atau media yang lain

5)      PR dan tugas harus diketahui dan ditanda tangani wali murid/ Orang tua siswa

6)       PR dan tugas dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

7)      Bagi murid yang berhalangan hadir karena suatu hal (sakit/ Izin) wajib mengerjakan tugas/ PR susulan.

8)      Setiap PR dan tugas dinilai oleh guru mata pelajaran dan dimasukkan dalam daftar nilai sebagai nilai PR dan Tugas.

c)      Penilain Harian (PH)

1)       PH digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan setiap kompetensi dasar.

2)       PH diberikan setelah selesai satu atau dua lebih kompetensi dasar tuntas diberikan kepada murid.

3)      Bentuk PH disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dasar

d)      Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian Tengah Semester (PTS) diberikan oleh guru di pertengahan semester yang sedang berjalan.

e)      Penilain Akhir Semester (PAS)

Penilain Akhir Semester (PAS) dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester 1 untuk mengukur ketercapain kompetisi murid setelah belajar satu semester

f)       Penilainan Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan oleh satuan pendidikan sebagai salah satu instrumen penentuan kenaikan kelas

g)      Penilain materi diniyah dilakukan bersamaan dengan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester  (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT)

h)      Pada penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilakukan ujian prakter kemampuan dan penerapan dari materi yang sudah diajarkan sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar (tertulis, praktek, lisan)

c.       Pelaporan Nilai

1)      Pelaporan perkembangan belajar murid, akan ditentukan secara periodik, yang meliputi laporan tengah semester dan laporan akhir semester dan akhir semester

2)      Buku laporan pendidikan sebagai salah satu bentuk pelaporan perkembangan murid diberikan setiap akhir semester

d.      Kriteria Kenaikan Kelas

1)      Memiliki nilai untuk semua mata pelajaran di semester I dan II.

2)      Nilai kurang tidak melebihi dari 3 (tiga) mata pelajaran (diperoleh dengan cara membandingkan nilai angka raport dan KKM mata pelajaran)

3)      Nilai pendidikan Agama Islam dan materi diniyah di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

4)      Nilai ujian prakter di atas KKM yang telah ditetapkan dalam kurikulum

4.      Kurikulum Kelas VI

a. Sistem pembelajaran kelas VI

1)      Menggunakan Kurikulum K13

2)      Pendalaman materi dan jam-jam tambahan untuk persiapan ujian nasional dan ujian sekolah

3)      Muroja’ah hafalan dan hadist dari kelas 1-5 untuk persiapam wisuda hafalan.

4)      Bagi murid yang belum tuntas dalam belajar diberikan pelajaran tambahan pengayaan diluar jam pelajaran. Jadwal pelaksanaan dibicarakan dengan guru kelas.

5)      Setiap tugas, proyek dan PR dinilai oleh guru mata pelajaran dan dimasukkan ke dalam daftar nilai sebagai nilai PR dan Tugas.

b.      Administrasi

a)      Buku

1)      Buku paket pelajaran K 13

2)      Buku paket pemadatan materi Ujian Nasional

3)      Setiap buku paket atau buku tulis diberi sampul, nama pemilik dan kelas

4)      Buku paket disimpan di rumah dan dibawa kesekolah sesuai jadwal pelajaran (sesuai kebijakan guru masing-masing)

c.       PR dan Tugas

1)      PR dan tugas diberikan sesuai kebutuhan pembelajaran

2)      PR dan tugas bersifat pendampinngan kemampuan dan pendalaman materi

3)      PR dan tugas diberikan melalui buku paket atau media yang lain

4)      PR dan tugas harus diketahui dan ditanda tangani wali murid/ Orang tua siswa

5)      Tugas dan PR dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

6)      Setiap murid harus mengisi laporan pantauan sholat dan tadarus serta laporan baca buku pada wali kelas seminggu sekali, pada hari yang telah ditentukan oleh guru kelas.

7)      Bagi murid yang berhalangan hadir karena suatu hal (sakit/ Izin) wajib mengerjakan tugas/ PR susulan.

8)      Setiap tugas dan PR dinilai oleh guru mata pelajaran dan dimasukkan dalam daftar nilai sebagai nilai PR dan Tugas.

d.      Penilain Harian (PH)

1)      PH digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan setiap kompetensi dasar.

2)      PH diberikan setelah selesai satu atau dua lebih kompetensi dasar tuntas diberikan kepada murid.

3)      Bentuk PH disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dasar (tertulis, praktek, lisan, produk).

e.       Penilaian Tengah Semester (PTS)dan Penilain Akhir Semester (PAS)

1)      Penilaian Tengah Semester (PTS) diberikan oleh guru di pertengahan semester yang sedang berjalan.

2)      Penilain Akhir Semester 1 (PAS 1) dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester 1 untuk mengukur ketercapain kompetisi murid setelah belajar satu semester

3)      Penilainan Akhir Semester 2 (PAS 2) dilaksanakan oleh satuan pendidikan sebagai salah satu instrumen penentuan kenaikan kelas

f.        Latihan Ujian Sekolah (LUS), Ujian Sekolah (US), Ujian Praktek (Uprak), dan Ujian Sekolah Daerah (USBN)

1)      LUS dilaksanakan oleh dinas Pendidikan Kecamanatan maupun Kabupaten pada semester 2 untuk persiapan USBN

2)      US dan Uprak dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester 2

3)      USBN Ulangan Akhir Semester dilakuakan oleh Dinas Pendidikan Propensi pada semester 2

g.      Pelaporan Nilai

1)      Pelaporan perkembangan belajar murid, akan ditentukan secara periodik, yang meliputi laporan tengah semester dan laporan akhir semester dan akhir semester

2)      Buku laporan pendidikan sebagai salah satu bentuk pelaporan perkembangan murid diberikan setiap akhir semester

3)      Pada semester 2, pengumuman nilai bisa dilakukan setiap selesai Latihan Ujian

h.      Kriteria Kelulusan

a)         Hasil ujian dituangkan dalam blangko daftar nilai ujian. Hasil ujian digunankan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk kenentuan ke-lulusan dengan kriteria sebagai berikut:

1)        Hafal Al-Qur’an juz 30, 29 dan 28

2)        Hafal 40  hadits yang telah ditetapkan (Arba’in nawawy)

3)        Memiliki rapot kelas VI

4)        Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh nilai pelajaran yang ujikan, minimal nilai masing-masing pelajaran sesuai dengan yang ditentukan

5)        Lulus dalam ujian praktek ibadah dan Tes baca Al-Qur’an

b)        Penentuan Kelulusan

1)      Siswa yang lulus ditentukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapot, nilai ujian sekolah, sikap/perilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusam

2)       Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah dan rapot sampai dengan semester 2 kelas VI sekolah dasar

3)        Siswa yang tidak lulus tidak diberi ijazah dan mengulang di kelas terakhir